Belajar adalah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap orang, terutama oleh para pelajar. Hal ini merupakan usaha untuk memperoleh serapan ilmu yang maksimal. Agar sistem penyerapan ilmu menjadi maksimal belajar sebaiknya jangan hanya dilakukan di sekolah saja. Tapi, perlu dilakukan di rumah. Di rumah belajar itu bisa sangat termanajemen dengan adanya pengawasan dari orang tua. Akan tetapi tidak semua orang beruntung dalam hal ini. Banyak para pelajar yang mempunyai orang tua yang super sibuk sehingga tidak sempat lagi mengawasi anak-anaknya untuk belajar. Anak remaja jaman sekarang susah sekali untuk bisa mengatur waktu mereka antara waktu bermain dan waktu belajar. waktu mereka lebih banyak untuk bermain tidak jelas daripada untuk belajar. waktu belajar di malam hari sebenarnya bisa dilakukan tetapi anak jaman sekarang pada malam hari pun merka masih bermain. mungkin peran orangtua itu penting karena orang tua bisa menasehati anak-anak mereka supaya bisa mengimbangkan waktu belajar dan waktu bermain, mungkin bila orang tua kurang peduli pasti jadilah anak seperti itu mereka tidak bisa mengatur waktu mereka.

A. Agar siswa dapat menggunakan waktu belajar secara efisien, siswa dapat mengikuti petunjuk di bawah

Susunlah daftar kegiatan belajar. Siswa dapat menentukan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.Menetapkan waktu belajar. Masing-masing individu mempunyai kebiasaan belajar yang berbedaBertanyalah pada diri sendiri tentang pelajaran yang kamu anggap sukar dan pelajaran yang kamu anggap mudah.Pelajari lebih dahulu yang kamu anggap sukar.Ulangilah pelajaran yang baru saja diberikan di kelas. Bacalah kembali pelajaran tersebut sebelum kamu menghadapi pelajaran berikutnya.

B. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat rencana belajar yang efektif:

Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan.Prioritaskan tugas-tugas.Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas.Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas. Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review.Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar.Mungkin dengan melakukan cara-cara di atas para anak-anak bisa mengatur waktu merka dengan baik, jadi waktu mereka tidak rugi dengan waktu yang mereka miliki.bukan hanya peran anak-anak untuk mengatur waktu mereka sendiri, tetapi seharusnya peran orang tua untuk mengatur waktu anaknya itu juaga penting. mungkin nasehat dari orang tua lebih di dengarkan oleh anak dadripada nasehat dari orang lain. Dalam kasus ini, kemandirian anak sangatlah diperlukan. Tanpa adanya kontrol dari orang tua, hendaknya pelajar tersebut dapat menggunakan waktunya dengan baik, dapat mengatur waktu dengan maksimal. Sehingga tidak dihabiskan hanya dengan bermain.


Index Berita Sekolah

Berita Sekolah
IMAGE Lomba Kompetisi Prestasi Tingkat SD/MI 2016
SpenzaNews-Lomba Kompetisi Prestasi Tingkat SD/MI 2016 se-Kabupaten Banyumas, merupakan agenda tahunan SMP Negeri 1 Purwokerto. Dimana kegiatan... Read More...
PPDB Online
IMAGE Persyaratan & Ketentuan PPDB 2016/2017
Persyaratan & Ketentuan PPDB 2016/2017 Read More...
IMAGE Diagram Alur PPDB 2016/2017
Diagram Alur PPDB 2016/2017 Read More...
Login
Remember me

Agenda Sekolah

No events to display

Link Pendidikan

2

3