Minggu, 19-05-2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 1 Purwokerto

P5 : Seru dan Penuh dan Makna

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Purwokerto (26/4) – SMP Negeri 1 Purwokerto kembali menggelar kegiatan yang seru dan penuh makna untuk para siswanya. Kali ini, siswa kelas 7 dan 8 mengikuti program penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema bangunlah jiwa raganya dan kearifan lokal. Acara ini diadakan pada hari Jumat, 26 April 2024 dan sukses membuat semua siswa antusias dan belajar banyak hal baru.

Mengenal Permainan Tradisional yang Tak Lekang oleh Waktu

Kegiatan bermain permainan tradisional diperuntukkan bagi kelas 7 dalam projek P5 dengan tema bangunlah jiwa raganya. Kegiatan ini dimulai dengan berjalan kaki menuju ke Menara Pandang Teratai, Purwokerto. Permainan tradisional juga dilaksanakan di Menara Pandang. Siswa bersemangat mencoba berbagai permainan seperti engklek, gobak sodor, dan congklak. Tidak hanya mengasah ketangkasan, permainan ini juga membantu mereka belajar nilai kerja sama, komunikasi, dan sportivitas.

“Saya suka main congklak sama teman-teman. Seru banget dan bisa ngobrol sambil main. Selain seru, kita jadi tahu kalau ada banyak permainan tradisional yang bisa kita coba.” kata Nabila, siswa kelas 7.

Belajar Masak, Mengenal Budaya Kuliner Indonesia

Sedangkan, kelas 8 yang melaksanakan tugas P5 dengan tema kearifan lokal membuat aneka masakan dengan bahan dasar tempe mendoan dan singkong. Mereka berkreasi dengan berbagai bahan-bahan pendukung lainnya. Resep yang telah mereka pelajari sebelumnya, dieksekusi dengan baik di hari pelaksanaan. Alat dan bahan yang dibawa dari rumah juga sudah diletakkan dimasing-masing tempat yang telah disediakan. Pengalaman ini menjadi sarana bagi siswa untuk mengenal lebih dalam makanan khas daerah Banyumas dengan mengkreasikannya.

“Pertama kali bikin mendoan merah, awalnya takut gagal, tapi ternyata seru banget! Kita jadi belajar masak dan bisa menghargai makanan tradisional,” ujar Nayla, siswa kelas 8.

Mengasah Keterampilan dan Menguatkan Nilai Pancasila

Kepala SMP Negeri 1 Purwokerto, Bapak Maryono, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan siswa dan memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam diri mereka.

“Kegiatan ini mendukung penguatan profil pelajar Pancasila, seperti kerja sama, rasa hormat, dan nasionalisme. Kami berharap siswa bisa mengaplikasikan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Kegiatan bermain permainan tradisional dan memasak di SMP Negeri 1 Purwokerto ini bukan hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi siswa. Melalui acara ini, mereka belajar mengenal lebih dalam budaya Indonesia dan mengasah keterampilan penting untuk masa depan.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan