Minggu, 19-05-2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 1 Purwokerto

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, SMP Negeri 1 Purwokerto Gelar LDK

Diterbitkan : - Kategori : Berita

SMP Negeri 1 Purwokerto, (06/11) Sekolah adalah tempat di mana kita tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi juga belajar menjadi pemimpin. Demi menciptakan pemimpin masa depan yang kompeten, berpengetahuan, dan berjiwa sosial, SMP Negeri 1 Purwokerto mengadakan latihan dasar kepemimpinan (LDK) yang menjadi salah satu elemen penting dalam kurikulum sekolah. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari pada hari Kamis dan Jumat tanggal 2 dan 3 November 2023. Sebanyak 130 peserta yang terdiri dari pengurus organisasi sekolah, diantaranya adalah OSIS, Pramuka, PMR, dan Paskibra. Kegiatan ini unik dan seru karena dilaksanakan di sekolah dan juga di Markas Komando Brimob (Mako Brimob), yang menyajikan pengalaman yang tak terlupakan selama dua hari.

Mengapa Pelatihan Dasar Kepemimpinan Diperlukan?

  1. Pengembangan Keterampilan Kepemimpinan: Pelatihan dasar ini bertujuan untuk mengasah keterampilan kepemimpinan peserta, termasuk kemampuan komunikasi, pengambilan keputusan, serta manajemen waktu.
  2. Pengalaman Praktis: Selama pelatihan, peserta memiliki kesempatan untuk terlibat dalam situasi dunia nyata yang mengharuskan mereka untuk mengelola proyek, memimpin tim, dan berkolaborasi secara efektif.
  3. Kepercayaan Diri: Kepemimpinan bukan hanya tentang memiliki visi, tetapi juga tentang kepercayaan diri. Pelatihan ini membantu meningkatkan rasa percaya diri peserta dalam berbicara di depan publik, mengambil tanggung jawab, dan menghadapi tantangan.
  4. Pengembangan Karakter: Selain keterampilan, peserta juga diajarkan tentang integritas, kejujuran, dan empati. Ini membantu membentuk karakter yang kuat dan integritas yang tinggi.

Rangkaian Kegiatan Pelatihan 

  • Sesi Pertama di Sekolah: Peserta mengikuti sesi pelatihan di sekolah dengan pemateri baik dari pihak internal sekolah maupun pihak eksternal. Kegiatan dimulai pada pukul 13.00 WIB di Lapangan Tengah SMP Negeri 1 Purwokerto. Materi yang disampaikan yaitu kepemimpinan oleh kepala sekolah, keorganisasian oleh ketua panitia, bahaya narkoba dan kenakalan remaja oleh BNN, dan tugas-tugas kepengurusan oleh pembina masing-masing organisasi.
  • Sesi Kedua di Mako Brimob: Peserta mengikuti sesi pelatihan pada hari kedua di Mako Brimob yang bertempat Kompi 2 Batalyon D Pelopor SatBrimob Polda Jateng. Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 WIB. Materi yang didapatkan oleh peserta yaitu PBB, Kedisiplinan, Bela Negara, Outbound, dan Interpersonal Skill. Semua kegiatan yang dilaksanakan selama di Mako Brimob dibimbing langsung oleh Tim Brimob.

Manfaat dari Pelatihan Dasar Kepemimpinan

  • Kepemimpinan yang Efektif: Peserta keluar dari pelatihan dengan keterampilan dan pengetahuan yang lebih baik untuk memimpin dan memotivasi orang lain.
  • Kepercayaan Diri yang Meningkat: Mereka memiliki rasa percaya diri yang lebih besar dalam menghadapi tantangan dan berbicara di depan umum.
  • Pengalaman Nyata: Pelatihan ini memberikan pengalaman praktis yang berguna di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pemahaman tentang Nilai-nilai Kepemimpinan: Peserta juga mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai kepemimpinan seperti integritas, kejujuran, dan empati.

Pelatihan dasar kepemimpinan seperti ini adalah investasi berharga dalam masa depan siswa dan masyarakat. Ini membantu menciptakan generasi pemimpin yang bertanggung jawab, kompeten, dan siap untuk mencapai perubahan positif dalam dunia. Sekolah bukan hanya tempat untuk belajar, tetapi juga tempat di mana pemimpin masa depan tumbuh dan berkembang.

 

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan